SMKN 2 BOYOLANGU » Rencana Kerja Sekolah » Rencana Kerja Sekolah

Rencana Kerja Sekolah

SMK Negeri 2 Boyolangu berada di kecamatan Boyolangu yang letaknya sekitar 1 km dari kota Tulungagung. Meskipun terletak di wilayah kecamatan tetapi  pengaruh globalisasi dan kemajuan teknologi informasi membuat informasi yang negatif bisa dengan mudah masuk. Berbagai upaya dilakukan untuk membentengi dan melindungi pengaruh negatif tersebut. Oleh karena itu pada masa  mendatang dengan ditunjang infrastruktur, sarana prasarana yang memadai akan mudah menghasilkan lulusan yang beriman, bertaqwa, dan berprestasi yang kompetitif di dalam bidang apa saja dari tingkat kecamatan, kabupaten, propinsi, bahkan sampai ke tingkat nasional.

 Kondisi masyarakat Kecamatan Boyolangu sangat beragam. Keberagaman mulai dari status sosial ekonomi, pekerjaan dan pendidikan sangat berpengaruh terhadap dinamika pendidikan. Tidak semua orang tua kondisi ekonominya baik. Mayoritas siswa berasal dari   keluarga yang status sosial ekonominya kurang mampu. Oleh karena itu SMK Negeri 2 Boyolangu berusaha semaksimal mungkin untuk mensukseskan wajib belajar 12 tahun meskipun kenyataannya belum ada bantuan operasional sekolah yang mencukupi dari pemerintah.Masih sangat diperlukan dana partisipasi orang tua/masyarakat untuk pendanaan kegiatan belajar mengajar .Karena itulah sering terjadi kesulitan pendanaan yang berasal; dari orang tua siswa/masyarakat.

Dalam bidang sosial politik baik kondisi masyarakat sekitar sekolah maupun kondisi pemerintah kabupaten Tulungagung tidak berpengaruh terhadap kelangsungan proses belajar mengajar di SMK Negerei 2 Boyolangu. Oleh karena itu SMK Negeri 2 Boyolangu sebagai sekolah Rintisan Sekolah Berstandart Internasional (RSBI) sudah sewajarnya untuk terus berusaha memacu prestasi baik bidang akademik maupun non akademik.Persaingan yang ketat di era global ini  baik untuk penyiapan tenaga kerja maupun untuk prodauk yang dihasilkan sangat menuntut untuk siap bersaing dengan tenaga kerja dan produk barang yang berasal dari luar negeri .Untuk itulah SMK Negeri 2 Boyolangu merasa perlu untuk menyesuaikan kompetensi  tamatan dengan kompetensi yang menjadi tuntutan Dunia Kerja/Dunia Industrisecara Internasional

 SMK Negeri 2 Boyolangu yang mempunyai murid 1399 siswa dan 105 orang tenaga pendidik dan kependidikan mempunyai keyakinan bahwa sekolah akan mengalami porspek dan perubahan yang signifikan sesuai dengan Visi Sekolah dengan melakukan pengembangan kerjasama dengan berbagai stakeholder.Sebagai sekolah RSBI SMK Negeri 2 Boyolangu terus berusaha bekerja sama dengan Komite, masyarakat, DU/DI, pengusaha maupun Pemerintah Daerah dan Pusat dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan demi suksesnya Wajib Belajar 12 tahun dan mampu mewujudkan Visi dan Misi sekolah.